Pages

Wednesday, March 20, 2013

Sejarah Toyota Kijang dari Masa ke Masa [PART 4]


Setelah kita bahas Kijang Kapsul di post ini, sekarang akhirnya kita menuju part terakhir (sementara ini, ya kalo muncul lagi Kijang generasi ke enam, ntar nambah lagi partnya hehehe). Inilah Part 4 yang kita bahas yaitu Kijang Innova.


4. Kijang generasi kelima (a.k.a Kijang Innova)



Selama 7 tahun Kijang Kapsul lalu-lalang dijalanan Indonesia sebagai mobil keluarga yang paling laris, pada tahun 2004 Toyota Astra Motor mengeluarkan generasi kelima dari Kijang yaitu "Toyota Kijang Innova". Mungkin diberi tambahan "Innova" merujuk pada kata "Innovation" atau yang artinya inovasi. Tagline pada Kijang Innova ini yaitu "Beautiful [R]evolution". 



iklan Toyota Kijang Innova (gen 1)


iklan Toyota Kijang Innova (gen 4)


Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi kelima ini lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah Multi Purpose Vehicle (MPV). Kijang generasi kelima ini tampil dengan perubahan total pada desain eksterior dan interior yang lebih mewah daripada Kijang Kapsul.  Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik, terutama di bagian depan kendaraan, dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.



interior Kijang Innova, beda banget daripada yang punya Kijang Kapsul


Pada sektor dapur pacu, Kijang Innova dibekali mesin 1TR-FE VVT-i 2.000cc (bensin) dan 2KD-FTV D-4D 2.500cc (diesel) untuk mesin bensin dapat menyemburkan tenaga sebesar 136 Hp dan diesel 102 Hp. Kijang Innova menggunakan Suspensi Independen Double Wishbone dengan per keong pada bagian depan (Coil Spring) dan 4-link Lateral Rod Rigid Axle pada bagian belakangnya, Kijang generasi ini dapat meredam guncangan lebih nyaman. Chassis masih menggunakan Ladder Bar namun beban suspensi dapat didistribusikan secara merata keseluruh bagian badan mobil sehingga Body Roll dan tingkat Pitching semakin kecil atau sudut geometri suspensi lebih handal ketimbang kijang generasi sebelumnya karena titik jatuh suspensi yang lebih akurat berbanding antara panjang dan lebar mobil. Fitur safety yang terdapat pada Kijang Innova yaitu SRS Airbag, side impact beam dan rangka GOA (Global Outstanding Assesment) Body



Penyempurnaan lain terdapat dibagian kemudi. Pengendara dapat lebih akurat mengarahkan kemudi disetiap tikungan. Stabilitas arah kemudi lebih handal karena menggunakan model Rack-and-Pinion dengan Engine Speed Sensing Power Steering sehingga mobil mudah dikendalikan dalam kecepatan 120 km/jam pada tikungan S maupun belokan memutar 270 derajat sekalipun. Kijang Innova juga fitur memiliki Engine Immobilizer System, yang mencegah mesin mobil hidup apabila (ada maling mobil) menggunakan kunci selain kunci aslinya.



Kalau di era Kijang Kapsul varian model terdiri dari LX,LSX,LGX dll, kalau di Kijang Innova terdapat varian :




Tipe J

Merupakan varian Innova paling standar. Dilengkapi AC depan, power steering, power window, interior standar 2-tone, dan velg besi 14 inchi. Tidak dilengkapi peralatan audio. Diperkenalkan tahun 2009 dengan harga Rp.179 juta. Hanya tersedia dalam versi manual saja dengan mesin 2.0L bensin.


Tipe E

Di banyak negara, tipe E merupakan varian paling standar. Dilengkapi kunci manual (tanpa remote control), tidak ada kipas belakang (single blower), dan tidak ada lampu kabut, tapi sudah memakai velg aluminium . Sudah ditambah head unit kaset dan 4 speaker. Dijual dengan harga mulai Rp. 200 jutaan.


Tipe G

Varian dari Tipe G ditambahkan head unit 2-DIN, AC Double blower, sensor parkir, lampu kabut, wiper belakang. Mulai disediakan model captain seat, yaitu kursi penumpang bagian tengah terpisah menjadi 2 kursi sendiri.


Tipe V

Tipe V merupakan tipe teratas dari Kijang Innova. Dilengkapi dengan kantong udara (dual SRS airbag), ABS (Anti-lock Braking System), panel informasi (MID/Multi Information Display), seat-belt sampai kursi baris ketiga, pengatur AC digital, jok kulit, head unit dengan DVD dan captain seats optional. Panel interiornya sebagian menggunakan wood panel.
(mulai facelift ke 4, seluruh tipe grade Kijang Innova dilengkapi dual SRS Airbags)


Bisa kamu lihat diatas, banyaknya fitur-fitur yang sudah jauh lebih canggih daripada Kijang generasi sebelumnya (seperti sensor parkir, AC double blower yang terintegrasi kedalam langit-langit kabin, SRS airbag, Immobilizer, kunci dengan remote control, dll), mesin yang lebih besar dan penyempurnaan kemudi serta suspensi membuat harga Kijang Innova menjadi mulai dari 200jutaan. Maka tidak salah, Kijang Innova sudah naik kelas menjadi segmen mobil MPV menengah.



Tidak jauh setelah pertama kali Kijang Innova diluncurkan, TAM juga memperkenalkan mobil MPV dibawah Kijang Innova yaitu Toyota Avanza. Avanza memiliki dimensi yang lebih kecil dan kubikasi mesin yang lebih kecil dari Innova (1300cc), ditujukan sebagai entry-level MPV dibawah Innova. Namun karena harganya yang lebih terjangkau daripada Innova, Avanza pun menjadi mobil sejuta umat (atau paling laris) di Indonesia. Banyak yang menyebutkan bahwa Avanza itu merupakan "Baby Kijang".






Kijang Innova telah mengalami tiga kali perubahan pada eksteriornya (facelift / Minor Model Change) yaitu pada tahun:

  • 2004 (awal)




  • 2009 (facelift pertama)



  • 2011 (facelift kedua, disebut sebagai "Grand New Kijang Innova")




  • 2013 (facelift ketiga, "New Kijang Innova")




Selama masa hidup Kijang Innova, Kijang generasi kelima ini juga telah diekspor ke berbagai negara seperti India, Malaysia, Thailand. Filipina, Vietnam, Uni Emirat Arab, dll. Namun di negara yang diekspor tadi nama Kijang dihapus, tetapi "Toyota Innova" saja.

Ini merupakan Kijang ketiga bapak saya, yaitu Kijang Innova tipe G tahun 2005 warna Hitam metalik. Transmisinya automatic. Ini merupakan Kijang yang udah sering saya kemudikan. (kalo waktu bapak saya masih punya kijang super/kapsul , saya belum bisa nyupir hehehe, trus gara-gara seringnya bawa matic, saya udah agak lupa cara bawa manual :| )



9 comments:

  1. mantabh sekali reviewnya.. innova 2004 dan 2009 terlihat berbeda dari grill depan... apakah innova 2004 bisa di upgrade grillnya seperti 2009.. kira2 apa ukurannya sama... makasih mas..

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak infonya, tp masih relatif tinggi ya harganya :D
    www.ilmudes.com

    ReplyDelete
  3. Apakah Kijang Innova keluaran tahun 2014 kuncinya sudah menggunakan immobilizer

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut web toyota , sepertinya belum
      (http://www.toyota.astra.co.id/shopping-tools/faq/#remote-and-smart-entry-system-problem)

      Delete
  4. Mau tanya,untuk Innova v 2.0 tahun 2008 apa sudah ada airbag?kok setir Innova v 2.0 tahun 2008 yang saya beli kata montir langganan tidak ada airbag nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe V 2008 udah ada airbag nya. kalo di setirnya gak ada kemungkinan besar airbagnya di lepas atau sudah pernah meledak (pemilik sebelumnya pernah nabrak yg membuat airbagnya mengembang).

      Delete
  5. kalau innova type G 2007 apakah sudah ada airbagnya

    ReplyDelete