Pages

Friday, March 1, 2013

Top Gear, acara apa sih?





Sekarang saya mau ngebahas acara otomotif favorit saya, yaitu Top Gear. Acara ini merupakan acara bergenre otomotif berasal dari Inggris, disiarkan oleh BBC yang dibawakan oleh 3 presenter gila yaitu Jeremy Clarkson, Richard Hammond dan James May plus pembalap misterius The Stig. Top Gear merupakan acara otomotif (plus hiburan) yang paling banyak ditonton per-episodenya sebanyak 350juta orang diseluruh dunia. Wuih! , gak salah kalo Top Gear pernah mendapat penghargaan Emmy Awards, yang kocaknya si Jeremy nunjukin piala Emmynya ke penonton  sambil dibalut kantong kresek (wkwkwk).
  • Ada siapa aja di Top Gear?

Jeremy Clarkson, presenter utama yang paling gila di Top Gear. Sering dijuluki "Idiot" sama Hammond atau May karena kelakuannya. Paling benci sama Toyota Prius. Ciri khas Jeremy kalo ngetest mobil suka nyebut "POWEEEER!"

Richard Hammond, dijuluki "Hamster" karena kelakuannya pernah mirip binatang itu, dan ukuran tubuhnya yang pendek diantara bertiga.


James May, dijuluki "Captain Slow" karena gaya mengemudinya yang selalu pelan dan berhati-hati serta mudah tersesat.


The Stig, pengemudi misterius yang selalu memakai helm dan nggak pernah bicara sama sekali. Tugasnya mencetak lap dengan mobil-mobil yang di test di sirkuit Top Gear.
  • Kenapa sih kok bisa ditonton sampe 350juta orang? Apa yang bikin menarik?
IMHO, berbeda dengan acara otomotif seperti biasanya, Top Gear banyak menampilan review mobil-mobil  dengan cara yang tidak biasa. Bahkan aneh banget dan tidak kebayang sebelumnya. Misalnya di episode ke 5 dan 6 season 3, Jeremy mengetes ketangguhan Toyota Hilux. Kalo acara otomotif biasa paling ngetesnya dengan test drive, kalo inimah bener2 ditest kekuatannya secara harafiah. Si Hilux ini ditabrakin ke pohon, dibakar, direndam di pantai, di jatohin dari atas pake crane, sampai di jatohin bareng sama gedung yang dirobohin. Hebatnya, si Hilux ini masih bisa jalan! nggak ada spare part yang diganti (kaca depan diganti), cuma dikasih WD-40 mesinnya masih bisa nyala.. gila gak tuh? Terus yang terbaru di episode ke 4 season 19, Jeremy sama James ngereview Kia Cee'd sambil maen rugby pake mobil itu! kebayang gak? kalo nggak nih saya kasih gambarnya
maen rugby pake mobil Kia

Setiap episode, Top Gear selalu menampilkan review, Star in a Reasonably Priced Car,"The News", road tests dan tantangan-tantangan aneh dari produser. Yang paling menarik yaitu pada saat tantangan-tantangan aneh yang diberikan oleh produser. Misalnya ketiga presenter disuruh membuat mobil amphibi, balapan antara mobil vs pesawat jet, mobil vs transportasi umum (biasanya mobil (yang dikemudikan Jeremy) pasti menang, kecuali saat Episode 3 season 19), mencari mobil bekas terbaik dengan harga murah (biasanya ujung2nya pada diancurin mobilnya, apalagi Morris Marina pasti dijatohin piano wkwkwk) dll.
 mobil amphibi Jeremy "Nissunk"

Morris Marina kejatohan piano. wkwk

Lalu, selain tantangan aneh dari produser diatas, ada tantangan yang dibuat oleh para presenter. Mereka menyebutnya "Ambitious but Rubbish" (berambisi tapi sampah), jadi banyak tantangan yang mereka lakukan sebenarnya belum pernah ada sama sekali atau dicoba di acara otomotif lainnya, tapi ujung-ujungnya gagal atau gak guna atau apalah. Contohnya mereka membuat pesawat ulang alik dari Reliant Robin (mobil beroda tiga, yang suka muncul di Mr.Bean warnanya biru), membuat motorhome sendiri, menggantikan lokomotif kereta dengan mobil, membuat blender dari mesin V8, membuat mobil yang cocok untuk lansia, dll. Pokoknya seru dan kocak deh! hahaha.


Biasanya pada deket-deket natal, Top Gear selalu menampilkan episode "Christmas Special". Episode ini biasanya menampilkan kegiatan para presenter melakukan tantangan dari produser di negara lain, contohnya "Bostwana special" : mencari mobil 2WD yang kuat melintasi medan terjal Afrika, "Polar special" : balapan antara mobil vs kereta salju menuju Kutub Utara, "Winter Olympic special" : melakukan tantangan seperti olimpiade musim dingin dengan menggunakan mobil, "US Special" : mengetes mobil-mobil di Amerika Serikat, "Vietnam special" : Satu-satunya tantangan di TG dengan menggunakan sepeda motor untuk melintasi Vietnam, dll.

Juga pada setiap episode, ada segmen "Star in a Reasonably Priced Car". Jadi ada artis yang diundang oleh TG buat diwawancarain sama mencetak lap disirkuit TG pakai mobil yang sama (Jadi keliatan siapa yang jago nyetir).  Banyak dari artis tersebut merupakan berasal dari Inggris misal Rowan Atkinson, Brian Johnson AC/DC dll. Namun, kadang artis Hollywood juga diundang kayak Jay Leno, Tom Cruise, Cameron Diaz, dll. Dan juga para pembalap F1 diundang seperti Hamilton, Schumacher, Vettel, Barrichello dll.  

IMHO, faktor lain yang bikin acara ini banyak ditonton adalah unsur hiburan yang diselipkan pada setiap episode dan sense of humor para presenternya. Kadang pas lagi ngereview atau ngejalanin tantangan dari produsernya, ada aja tingkah para presenter yang unik. Kalo ini dibahasmah panjang banget, lebih enak dan jelas kalo nonton sendiri.

  • Wah, penasaran nih! Nontonnya di channel apa?
Di channel BBC Knowledge, kalo di Indovision channel 200. Kalo TV kabel yang lain ngga tau deh (cari sendiri yak), kalo di channel TV lokal kalo ga salah ada  di B Channel (Jakarta), tapi sekarang kayaknya udah ga ada (CMIIW). Kalo nggak langganan TV kabel, bisa nonton di youtube. atau download dari torrent kayak ane. Soalnya ane sekarang ngekost ga ada TV (apalagi Indopisen) tapi nggak mau ketinggalan Top Gear. hehehe

0 comments:

Post a Comment