Pages

Tuesday, March 5, 2013

Decision Roles Dalam Ilmu Marketing

Sebelum kita bahas Decision Roles ini, sebagai pembuka kita review lagi apa itu Marketing ya. 

Marketing merupakan tahap yang sangat penting dalam menjalankan usaha atau bisnis. Marketing merupakan fungsi organisasi untuk menciptakan, mengomunikasikan dan mengantar suatu nilai jasa atau produk kepada pelanggan agar tejadi hubungan yang saling memberi benefit bagi kedua pihak.

Dua kunci utama yang harus anda ketahui dan anda miliki dalam berkecimpung pada dunia marketing adalah "STP" dan "4P"


  • Apa itu STP dan 4P?
STP merupakan singkatan dari "Segmenting", ""Targeting" dan "Positioning"

sedangkan 4P sendiri merupakan : Product, Price, Place dan Promotion.

Dalam STP, ada bagian yang kita sebut dengan Segmenting, nah Decision Roles ini merupakan sub bagian dari Segmenting. Sekarang baru kita bahas.

Segmenting merupakan tindakan membagi pasar menjadi beberapa kelompok yang berbeda sesuai dengan karakter kebutuhan yang berbeda juga. Variabel-variabel kelompok yang ditinjau pada segmenting yaitu:

  1. Geografis , meliputi : Wilayah, Negara, Daerah, Kota dll
  2. Psikografis, meliputi : Gaya Hidup, Kelas Sosial dan Karakteristik Kepribadian
  3. Demografis, meliputi : Usia, Agama, Jenis Kelamin, Pendidikan, Kebangsaan, dan Status
  4. Kebiasaan, meliputi : Behavioral Variables dan Decision Roles.
Sekarang kita masuk Decision Roles.

Decision Roles merupakan kegiatan membagi kelompok calon pembeli berdasarkan keputusan dalam peran pembeli untuk memutuskan pembelian suatu produk. Decision Roles terbagi menjadi 5 bagian, yaitu : Initiator, Influencer, Decider, Buyer dan User.

  1. Initiator : Orang yang mencetuskan untuk melakukan pembelian suatu produk.
  2. Influencer : Orang yang mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk.
  3. Decider : Orang yang melakukan keputusan apakah produk akan dibeli atau tidak.
  4. Buyer : Orang yang mempunyai kemampuan untuk membeli produk dan pasti akan membelinya, namun belum tentu akan menggunakan produk tersebut.
  5. User : Orang yang menggunakan barang/produk tersebut.
Dalam kehidupan kita, kelima bagian Decision Roles tersebut biasanya dilakukan hanya oleh satu orang (kecuali Influencer, biasanya pihak kedua). 

Contohnya : Saya pengen beli HP, saya datang ke counter HP, sang penjaga counter menyarankan membeli HP merk S, akhirnya saya memutuskan memilih HP S dan membelinya, lalu HP merk S itu saya pakai sehari-hari.

Namun, sekarang saya ingin memberi contoh jika kelima bagian tersebut dilakukan oleh setiap orang yang berbeda.

=======================================================================

 Pada suatu hari, ada mahasiswa bernama Saverio mendapat IP sebesar 3.75 pada semester ketiga (padahal semester sebelumnya IPnya selalu jeblok, kasian). Melihat hal tersebut, sang Ibu sangat bangga akan prestasi sang anak. Merasa terharu, sang Ibu ingin mengusulkan kepada Ayah untuk memberi hadiah kepada Saverio berupa mobil untuk menunjang transportasi ke kampus.
(Dalam hal ini terlihat Ibu Saverio sebagai pencetus untuk membelikan mobil kepada anaknya, maka Ibu Saverio bisa disebut sebagai Initiator)

Setelah menerima usulan dari sang Ibu, Ayah Saveriopun setuju dan mulai mencari mobil yang sesuai dengan budget. Karena banyaknya pilihan yang tersedia, Ayahpun bingung mau memilih yang mana. Akhirnya Ayah menanyakan apa pilihan mobil yang terbaik kepada temannya, yaitu Bapak Usman. Setelah Ayah berbincang bersama Pak Usman, Pak Usman menyarankan untuk membelikan Saverio mobil Toyota Corolla. Karena menurut Pak Usman mobil tersebut mudah dirawat, harganya kompetitif, banyak spare partnya dan sesuai dengan karakter Saverio yang suka utak-atik. Pada akhirnya Ayahpun memutuskan memilih Toyota Corolla sebagai mobil yang akan diberikan kepada Saverio.
(Dalam paragraf diatas, terlihat Pak Usman menyarankan dan mempengaruhi Ayah untuk membeli Toyota Corolla sebagai mobil yang cocok dengan Saverio. Maka Pak Usman kita sebut sebagai Influencer. Dan Ayah memutuskan untuk memilih mobil tersebut, maka Ayah kita sebut sebagai Decider)

Selanjutnya ketika Ayah akan pergi ke showroom untuk membeli mobil, tiba-tiba Ayah mendadak ada pekerjaan keluar kota dari kantornya. Maka, Ayah mengutus Kakak ke showroom untuk membelikan mobil Toyota Corolla untuk Saverio. Saat itujuga Kakak pergi ke showroom, bertemu sales dan terjadilah kesepakatan. Setelah itu Kakak pulang dan memberikan kabar gembira kepada Saverio berupa mobil Toyota Corolla. Akhirnya, Saveriopun senang dan menggunakan mobilnya sebagai alat transportasi ke kampus(dan sekalian buat ngapel kerumah pacarnya).
(Terlihat pada paragraf diatas, sang Kakak akhirnya yang membeli langsung mobilnya ke showroom. Maka Kakak kita sebut sebagai Buyer. Dan Saveriopun memakai mobilnya, maka Saveriopun disebut sebagai User)

=======================================================================
 Maka, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Decision Roles dapat dilakukan oleh setiap orang yang berbeda.
  • Ibu :  Initiator
  • Pak Usman : Influencer
  • Ayah :  Decider
  • Kakak : Buyer
  • Saverio : User

0 comments:

Post a Comment