Pages

Wednesday, March 13, 2013

My Brand Activation Idea

Bonjour, sekarang kita bahas marketing lagi yuk..kali ini saya ambil topik Brand Activation.


Brand activation (aktivasi merek) adalah salah satu bentuk promosi merek yang mendekatkan merek dengan penggunanya melalui berbagai aktivitas yang menarik perhatian konsumen. Saat ini, selain melakukan iklan, banyak brand juga yang memilih untuk menggunakan Brand Activation.

Beberapa keunggulan Brand Activation adalah adanya interaksi langsung antara Brand dengan konsumen. Hal ini tentu akan membuat hubungan konsumen terhadap Brand semakin erat. Kegiatan ini dinilai lebih efektif karena melibatkan produk secara langsung untuk berinteraksi dengan konsumen. Ketika hubungan sudah semakin erat maka konsumen akan dengan senang hati membeli produk  dan mempromosikan produk suatu brand kepada teman-temannya.

==================================================
Nah, sekarang saya mau menuangkan ide buatan saya tentang brand activation ini.


  • Latar Belakang


Indonesia memiliki dua musim utama, yaitu Musim Hujan dan Musim Kemarau. Pada musim hujan, hujan sering terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Di Beberapa kejadian saking  parahnya hujan, jalan-jalan di kota-kota sampe rusak berlubang.

Jalan berlubang 


Jalan berlubang itu sangat berbahaya, apalagi kalau sering dilewati oleh kendaraan. Kendaraan yang melintasi jalanan berlubang wajib berhati-hati. Jika tidak, kecelakaan pun bisa menimpa para pengendara bermotor mulai dari yang ringan sampai yang parah.

jangan sampe kayak begini ya, kalau sudah nyungsep...gaswaaatt!


Naah..berhubung banyaknya jalan berlubang di Indonesia yang tidak dibetul-betulin juga oleh dinas PU, maka saya akan menuangkan ide untuk melakukan aktivasi merek a.k.a Brand Activation untuk menciptakan awareness terhadap salah satu fitur unggulan yang hanya terdapat pada setiap mobil Volvo yang diberi nama "Volvo Active Four-C Suspension".



  • Apa itu "Volvo Active Four-C Suspension" ?

"Volvo Active Four-C Suspension" ini merupakan fitur yang memiliki kemampuan memproses sejumlah informasi dengan membaca kontur jalanan, percepatan longitudinal serta reaksi peredam kejut (suspensi) yang sesuai terhadap gaya mengemudi sang supir untuk kondisi mengemudi yang nyaman. Pengemudi hanya memilih mode kekuatan suspensi yang diinginkan dengan memencet tombol pada dashboard.
 Pilihan mode untuk Active Four-C suspension
model Four-C strut (penopang suspensi depan)

  • Konsep model dari ide Brand Activation Volvo Active Four-C saya 
Setelah mengetahui fungsi dari fitur unggulan mobil merek Volvo ini, saya berpikir ini merupakan fitur unggulan yang memiliki value dan harus dikenal oleh para pemilik mobil di Indonesia. Apalagi banyak jalanan di negeri ini yang rusak bahkan berlubang membuat kenyamanan perjalanan para pemilik mobil terganggu.
Konsep dari Brand Activation ini bertujuan untuk mengenalkan fitur Four-C Suspension yaitu dengan melibatkan para pengguna jalan (khususnya pengendara mobil) dan para pengendara mobil yang potensial untuk menjadi konsumen merek Volvo untuk dapat melihat, mengetahui dan merasakan keunggulan serta aware terhadap merek dan fitur ini.

Ide saya untuk mewujudkan aksi Brand Activation dengan bentuk stiker-stiker besar yang berbentuk tampilan seperti jalan berlubang yang ditempelkan pada jalanan utama yang sering dilewati oleh mobil di kota besar.
illustrasi stiker berbentuk tampilan jalan berlubang yang ditempelkan di jalan raya

 hasilnya seperti ini
di tempel di tempat lainnya yang potensial

tampilan seperti jalan berlubang asli

Para pengemudi yang melihat stiker-stiker tersebut akan berpikir bahwa jalan didepannya berlubang, pengemudipun akan memperlambat lajunya. Namun, mobil sang pengemudi tidak akan berguncang atau bergoyang dan tidak berasa seperti sedang melewati jalan berlubang, karena sebenarnya memang bukan sedang melaju di jalan berlubang.

wah ada jalan berlubang! pelan-pelan ah...eh kok ?!

Volvo : Tidak akan pernah merasakan guncangan lagi.
Saat para pengemudi mobil melewati stiker "jalan berlubang" mereka tidak merasakan apapun, malah tetap pada kenyamanan seperti jalan yang mulus. Itulah hal yang terdapat pada fitur Active Four-C Suspension ini. Anda dapat melewati jalanan berlubang yang asli tanpa perlu merasakan guncangan yang berlebihan, tetapi tetap nyaman saat melewati jalan berlubang seperti melewati jalanan yang mulus seperti biasa.
Setelah para pengendara mobil terlibat dan mengalami Brand Activation experience seperti ini, diharapkan memberikan awareness terhadap merek Volvo dan fitur Active Four-C ini dan mendorong para pembeli potensial tertarik untuk menggunakan produk dan fitur dari Volvo tersebut. Karena Volvo telah dianggap dekat dengan mewujudkan keinginan berkendara nyaman dimanapun dan kapanpun dan menanamkan dalam pikiran para konsumen bahwa produk Volvo-lah yang sesuai dengan keinginan mereka. Dengan Brand Activation ini juga diharapkan dapat tumbuh yang namanya loyalitas terhadap merek, khususnya merek yang saya ide untuk dilakukannya aktivasi merek ini.



"Volvo", "Volvo Active Four-C Suspension" merupakan merek dagang yang dimiliki oleh Volvo Personvagnar AB atau Volvo  Car Corporation, Swedia.

0 comments:

Post a Comment