Pages

Wednesday, March 6, 2013

Sejarah Toyota Kijang dari Masa ke Masa [PART 3]

Menyambung lagi dari post bagian pertama dan kedua, kali ini saya mau lanjutin lagi tentang si Kijang :D..


4. Kijang generasi keempat (a.k.a kijang Kapsul)
Kijang Kapsul 1997

Setelah Kijang Grand di-discontinue, pada tahun 1997 TAM kembali meluncurkan Kijang versi terbarunya yang biasa kita sebut "Kijang Kapsul". Kenapa sih kok disebut "Kapsul"? 


Kenapa Kapsul? IMHO pada Kijang generasi ketiga, garis desain Kijang masih berbentuk kotak. Namun, pada generasi ini bentuk Kijang mengalami perubahan total. Tampil lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus Kemunculan ini merupakan suatu revolusi konsep desain. Garis-garis body Kijang Kapsul tidak menyisakan garis-garis dari generasi terdahulu. Interior pada Kijang ini juga mulai berbentuk aerodinamis seperti pada mobil-mobil keluaran Eropa.
Muat 8 orang cuy!

Pada Kijang generasi keempat ini, juga terdapat varian chassis pendek dan chassis panjang. Pada chassis pendek maupun panjang,masing-masing terdiri empat grade, yaitu: 
  • SX (pendek), LX (panjang) : model standar
  • SSX (pendek), LSX (panjang) : model menegah
  • SGX (pendek), LGX (panjang) : model teratas
  • Rangga (pendek), Krista (Panjang) : model spesial
Pada varian standar hanya terdapat fitur-fitur standar dan kursi belakang masih berhadapan, namun pada varian menengah terdapat tambahan fitur seperti alloy wheels, power window, power steering, AC double blower, central lock dan kursi belakang menghadap depan. Dan pada varian teratas terdapat fitur varian menengah plus wiper belakang, lampu kabut, interior dilapisi panel kayu dll. Sedangkan pada varian Rangga dan Krista pada eksteriornya terdapat tambahan over fender, warna body two tone dan interior lebih mewah dari LGX/SGX , pada Rangga ban serep ditempatkan dipintu belakang seperti Terios/Rush.

 kijang rangga

Kijang Krista

Pada Kijang generasi ini terdapat 2 kali facelift / perubahan eksterior, yaitu pada tahun:
1997 (awal)

2000 (pertama)

2003 (kedua)

Pada facelift pertama di tahun 2000, terdapat perubahan bentuk lampu depan , grill radiator depan , desain velg, rumah lampu kabut dan bentuk dashboard berubah.
Sedangkan facelift kedua tahun 2003, perubahan juga terletak pada grill bumper depan, desain velg, kaca spion elektrik, bentuk lampu kabut dan penambahan hiasan pada lampu belakang.

Mesin pada Kijang generasi ini masih sama dengan  Kijang Grand, yaitu 7K berkapasitas 1800cc. Pada generasi ini juga terdapat pilihan mesin Diesel dengan kapasitas 2400cc.

Pada Kijang Kapsul facelift tahun 2000 dan 2003, terdapat penambahan opsi mesin berkapasitas 2000cc berkode 1RZ-E (hanya terdapat pada varian LGX/SGX/Krista) dan pengubahan sistem bahan bakar menjadi injeksi EFI (Electronic Fuel Injection). Namun, opsi mesin 2000cc kurang laku dipasaran karena konsumsi pemakaian bensinnya yang  dinilai boros.

Pada Kijang generasi keempat ini juga merupakan Kijang kedua Bapak saya, yaitu Kijang Kapsul SX tahun 2001 warna merah marun. Modifikasi kecil juga terdapat pada mobil ini kayak velg diganti sama punya varian SGX, penambahan lampu kabut, spion model elektrik sama posisi kursi belakang sudah menghadap depan. Jadi kalo dari luar keliatan Kijang "SX" rasa "SSX"..wkwkwk


Untuk part terakhir, a.k.a Kijang Innopa dilanjutin pada post ini yah


sumber: Kijang-o-logi ilmuiman.web.id, Yusuf Wibisono.

2 comments:

  1. Mau tanya ukuran grill Rangga apakah sama dengan kijang kapsul yg lain tahun 97

    ReplyDelete
  2. Hotels near Hard Rock Hotel and Casino, Fort McDowell, IN
    Save big with MapYRO Hotels, Resorts, Hotels & Resorts. Earn ROI, ROI and 사천 출장마사지 ROI 강릉 출장안마 based on 1,000 reviews, find the 과천 출장마사지 cheapest 평택 출장안마 and quickest ways 강릉 출장안마 to get

    ReplyDelete